RSS

TIPS N TRIK UNTUK LULUS MENJADI PRAJA IPDN

20 Mar
Jika mendengar ada yang mengucapkan tentang IPDN secara spontan yang terlintas di fikiran kita (kebanyakan) pasti tidak jauh dari keadaan kampus yang tidak kondusif, mengerikan, penuh kekerasan, intimidasi dari senior terhadap junior, masuknya pake uang pelicin, para prajanya kebanyakan anak-anak pejabat, ataupun masa depan sudah dijamin sebagai PNS, ataupun sebuah tempat penempaan kader pemimpin pemerintahan dalam negeri. Semua pandangan tersebut sah-sah saja terlintas di setiap pikiran kita yang memang fitrahnya diciptakan berbeda-beda oleh Yang Maha Kuasa. Sah-sah saja jika ada yang memandang IPDN sebelah mata ataupun bangga dengan eksistensi IPDN. (Kayaknya tulisan saya sudah mulai tak tentu arah nih).
Oke, berbicara mengenai jumlah peminat sebagai capra (calon praja) dari tahun-ketahun dapat kita ambil rata-rata peminatnya setiap tahunnya sangat tinggi yakni sekitar 15.000 sampai 20.000 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah praja yang diterima setiap tahun nya yakni berkisar antara 1.000 sampai 1.500 praja  (tergantung kebutuhan Pemda) tentunya persaingannya sangat ketat. Sebagai contoh kita ambil salah satu propinsi yang tergolong banyak peminatnya yaitu Sumatera Barat (asal pendaftaran penulis,hehe..). ketika penulis mendaftar sebagai calon praja pada tahun 2008 peminatnya mencapai 2000 orang sedangkan yang diterima sebanyak 49 orang.
Tulisan ini secara khusus saya tujukan kepada adik-adik calon praja ataupun kepada para orang tua yang ingin mengkaderkan anaknya menjadi seorang birokrat. Hal yang terpenting yang perlu kita yakini yaitu kesempatan itu ada dan kita semua yang memenuhi syarat mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat menjadi bagian dari IPDN seberapa ketat pun persaingan yang ada.
Ada beberapa Tips dan Trik yang mungkin dapat menjadi suatu masukan agar persiapan para calon praja menjadi terarah, antara lain:
1.    Luruskan niat untuk menjadi Praja IPDN, bukan semata-mata untuk mengejar status PNS tapi juga sebagai Abdi Praja (Pelayan Masyarakat).
2.    Aktif mencari tahu kapan jadwal tes IPDN dimulai. Hal ini karena tidak semua Pemda mengumumkan secara terbuka jadwal penerimaan calon praja. Informasi dapat di dapat di kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah) setempat.
3.    Lengkapi semua persyaratan yang telah ditetapkan. Kalau perlu teliti kembali semua berkas-berkas yang telah disusun. Untuk persyaratan yang diperlukan lebih lengkapnya lihat link berikut ini http://carikarir.wordpress.com/2010/04/13/penerimaan-calon-praja-ipdn-ta-20102011-17-19-mei-2010/
4.    Terus ikuti perkembangan tes nya. Karena tes nya terdiri dari lima tahapan tes di daerah(administrasi, psikotes, kesamaptaan, kesehatan, dan kemampuan akademik) dan satu tahap terakhir yang dilaksanakan di Jatinangor (Pantukhir). Jangan sampai ada tes yang terlewat karena tes nya memakai sitem gugur. Intinya sering-sering mencari informasi ke BKD.
5.    Tips untuk mengikuti keenam tahapan tes :
a)    Tes Administrasi.
Lengkapi secepatnya semua persyaratan yang diminta. Makin awal melengkapi makin baik. Hal ini untuk menghindari ramainya peminat lain yang mengurus hal yang sama di kantor yang sama. Selain itu hal ini untuk mengantisipasi jika ada berkas yang salah kita masih mempunyai waktu untuk memperbaikinya.
b)    Tes Psikologi (Psikotes)
Tes Psikologi ini biasanya dilaksanakan di ibukota Provinsi. Saran penulis jauh-jauh hari sebelum hari H calon praja membiasakan untuk membahas soal-soal psikotes yang banyak dijual di toko buku. Guna nya bukan supaya IQ kita langsung naik drastis tapi agar kita familiar dengan soal-soal psikotes tersebut sehingga kita memiliki tingkat kepercayaan diri ketika mengerjakannya.
Bagi capra yang rumahnya jauh dari ibukota provinsi hal penting yang perlu dipersiapkan yaitu keberadaan kita di lokasi tes sebaiknya beberapa hari sebelum tes dilaksanakan agar kondisi badan tetap fit ketika tes berlangsung.
Ketika tes berlangsung pastikan anda mematuhi waktu mengerjakannya. Patuhi juga aturannya. Jangan mencontek (masak calon kader gak jujur?)
c)    Tes Kesamaptaan
Tes Kesamaptaan yaitu tes ketahanan dan kekuatan fisik. Tes kesamaptaan terdiri dari dua jenis, yaitu kesamaptaan A dan kesamaptaan B. Tes Kesamaptaan A yaitu Lari keliling Lapangan Bola selama 12 menit. Untuk capra putra usahakan minimal terlewati 6 putaran dan untuk putri usahakan minimal 5 putaran. Tes kesamaptaan B terdiri dari Push Up (Usahakan Minimal 30 kali), Sit Up (usahakan Minimal 30), Pull up (minimal 4 kali), dan shuttle Run/ lari membentuk angka delapan sebanyak tiga putaran (minimal 19 detik). Sebelum tes Samapta berlangsung hendaknya jauh-jauh hari latihan fisik yang teratur kalau perlu didampingi instruktur (malahan ada yang membuka les privat lho). Tapi jika kondisi keuangan tidak memungkinkan tidak perlu dipaksakan untuk memakai instruktur. Cukup mengerti teknik yang benar saja, selanjutnya berlatihlah secara mandiri.
Ketika hari H sudah semakin dekat hentikan latihan-latihan berat, cukup latihan ringan seperti lari-lari kecil saja dan perbanyak konsumsi multivitamin dan buah-buahan.
d)    Tes Kesehatan
Tes Kesehatan biasannya dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah. Bagian-bagian yang di cek adalah mata ( maksimal Plus Minus 1,0), gigi ( tidak boleh memakai kawat, kalau ada gigi yang berlubang ditambal ataupun jika sudah terlalu parah sebaiknya dicabut). Tinggi badan untuk pria min. 160 cm, untuk wanita 155 cm. selanjutnya pemeriksaan darah, kelamin, THT, jantung, paru-paru, dan organ-organ dalam lainnya.
e)    Tes Akademik
Tes Akademik merupakan tes terakhir yang dilaksanakan di daerah. Tes Akademik dilaksanakan di ibukota provinsi. Materi yang diujikan yaitu Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kewarganegaraan. Tes berbentuk pilihan ganda. Tidak ada sistim minus. Jadi usahakan lembar jawaban terisi semua. Setelah anda lulus dalam tes ini maka kesempatan anda diterima sebagai praja IPDN sudah semakin besar.
f)     Pantukhir ( Penentuan Akhir)
Pantukhir yaitu tes terakhir yang dilakukan di kampus IPDN pusat di Jatinangor, Jawa Barat. Tes yang diberikan yaitu Kesamaptaan, kesehatan, dan tes wawancara. Untuk kesamaptaan dan kesehatan tolak ukur nya sama dengan yang dilaksanakan di daerah. Khusus untuk tes wawancara ada beberapa tips yang sekiranya perlu diperhatikan antara lain bersikap tegas dan tegap ketika ditanya. ketika di suruh menjawab pertannyaan jawablah langsung pada intinya (Praja biasa menyebutnya dengan istilah Jangan Banyak Penjabaran). Tidak ada standar pertannyaan apa saja yang ditanyakan. Tapi berdasarkan pengalaman yang ditanyakan seperti nama-nama menteri, pancasila, menyanyikan lagu wajib, memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, atau apa saja yang terlintas dipikiran penanya. Kalau saya dulu yang ditanyakan yaitu berat dan tinggi badan serta NEM. Tapi jangan salah banyak juga calon praja yang gugupnya luar biasa sehingga ditanya nama orang tua saja lupa. Maklum saja yang tim penanya terdiri dari Sekjen, dirjen, irjen, dan orang-orang yang berada di tataran top level Kementerian Dalam Negeri. Saran saya sebelum wawancara bangun dulu mental dan kepercayaan diri seperti berlatih berbicara di depan cermin dan sebagainya.
6.    Setelah semua tes dilaksanakan dengan sungguh-sungguh tunggulah hasil tes nya dengan sabar. Berdoalah kepada Yang Maha Kuasa agar diberikan hasil terbaik.
Bagi yang lulus selamat menjadi Praja IPDN akan tetapi bagi yang BELUM lulus semoga bersabar karena tahun depan gerbang Kesatrian IPDN masih terbuka lebar.

Note * ada cara cepat untuk lulus yaitu melalui “pintu samping” dan “pintu Belakang” jika anda atau orang tua anda bisa mengurusnya. Silakan saja dengan cara itu. Tapi cara itu hanya untuk orang-orang yang tidak takut dengan tuhan dan mau merebut hak satu calon praja lain yang seharusnya lulus. Ingat perbuatan itu hanya akan menzalimi diri sendiri dan orang lain.

About these ads
 
62 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 20, 2011 in bright future

 

62 responses to “TIPS N TRIK UNTUK LULUS MENJADI PRAJA IPDN

  1. Yohanes Hutabalian

    April 22, 2011 at 6:31 am

    Terima kasih buat informasinya, sangat bermanfaat….

    Semoga Tahun ini saya bisa lulus tes Praja, Amin :D

     
    • unitazone

      Mei 6, 2011 at 12:23 am

      aminn
      ganbatte : )

       
    • Pinkan

      Agustus 9, 2012 at 5:29 am

      sekiranya begitu sulit utuk bisa masuk IPDN :(

       
      • unitazone

        Agustus 24, 2012 at 12:35 am

        MANGAATT!!!

         
  2. sigit

    Mei 9, 2011 at 8:59 am

    ganbatte kudasai. sem0ga tahun ini saya lulus. amin

     
  3. panda

    Juni 30, 2011 at 10:50 pm

    mau tanya,,klo udah gk virgin lagi apa bisa lulus??trus gmn cra tes virginx?
    tolng di bls…

     
    • unitazone

      Juli 2, 2011 at 5:40 am

      hmm maaf aku kurang tau, yang jelas tes kevirginan ada ahli khusus yang akan meriksain, tapi aku gatau : )

       
  4. sigit

    Juli 17, 2011 at 8:21 am

    wah.ak gagal di psiko. payah

     
    • unitazone

      Juli 27, 2011 at 8:44 am

      coba lagi tahun depan coba. semua orang ga ada yg payah kecuali kalau dia berusaha ;)

       
  5. Annisa Nuraisyah

    Oktober 29, 2011 at 2:43 pm

    makasih kak, makasih banyakk,.. :-)

     
  6. Nuranilawati

    November 10, 2011 at 11:39 am

    berhenti langkahku menjadi praja di akademik…hufff perjuangan yg mengecewakan..

     
    • unitazone

      Desember 25, 2011 at 1:49 pm

      lhoo knp? jgn give up!! GANBATTE!!

       
  7. Fuad Itu Aryf

    November 12, 2011 at 10:16 am

    aq pngen masuk sana
    tpi masih kelas 12
    kapan ada pendaftaran?

     
    • unitazone

      Desember 25, 2011 at 1:45 pm

      kurang tau. liat di website resmi ipdn nya aja coba ;)

       
  8. imam

    Desember 16, 2011 at 2:44 pm

    assalamualaikum..
    saya SMK . apakah saya bisa mendaftar di IPDN , saya sangat sangat berminat sekali. minta infonya..

     
    • unitazone

      Desember 25, 2011 at 1:42 pm

      kurang tau. coba aja daftar :)

       
  9. dodit

    Januari 20, 2012 at 12:24 am

    tirmksh informsinya,
    insyaallah jka TUHAN mengizinkan sya akn menyusul tman2 sya yg disana.AMIN

     
  10. Joko

    Maret 31, 2012 at 5:28 pm

    Apakah varises bisa masuk?

     
    • reyhand

      April 21, 2012 at 2:22 pm

      kalau gigi berwarna hitam di dalam! tp tidak terlihat diluar!
      Bisa lulus tes gak!

      Maklum pernah merokok!

       
  11. Melisa Maleva

    Mei 13, 2012 at 5:53 am

    Mau nanya, jika kita sudah lulus tes yang daerah, maka kita ikut tes Pantukhir. Nah.., sebelum ke Jatinangor, rambut kita udah harus pendek ya (khususnya untuk perempuan)..?
    Terima kasih, mohon di balas..

     
    • unitazone

      Mei 16, 2012 at 12:02 am

      hmm maaf saya kurang tau mengenai ipdn. mungkin anda bisa menanyakan ke alumni atau praja ipdn. hmm coba cari di fb “teguh ilham simabua” beliau adalah praja ipdn. tanyakan langsung saja ya:)

       
  12. tuthy syar

    Mei 18, 2012 at 6:04 am

    keinginan u/mendftr ipdn pada diri saya,,besar sekali namun ortu tdk mendukung krn takut memakan biaya yg luar biasa,, jd dgn berat hati saya harus menghentikan langkah saya.

     
  13. endri citra

    Juni 5, 2012 at 8:28 am

    semoga bisa. amin :)
    do’anya yaa. :)

     
  14. iian

    Juni 29, 2012 at 4:18 am

    ass. ada tdk buku@ tes tuk masuk ipdn?

     
    • unitazone

      Juni 30, 2012 at 11:10 am

      coba cari di toko buku, biasanya soal2 ttg kedinasan dijual

       
  15. rizky

    Juli 5, 2012 at 5:23 am

    jika menggunakan kawat gigi untuk urusan kesehatan gimana ka ? apakah tetap tidak boleh ?

     
  16. vikha

    Juli 5, 2012 at 6:25 am

    kak,doakan aku ya smoga test psikotest aku lulus aamiin :)

     
  17. Arif fathur

    Juli 6, 2012 at 4:05 pm

    Psikologi udah lulus saya. next kesehatan ama kesamaptaan, Pull up ga ada ya? mohon info :)

     
  18. Septiadi Saputra

    Juli 7, 2012 at 12:43 am

    Bagus sekali tips nya ka’
    Terimakasih untuk tips yang sangat membantu :D

     
    • unitazone

      Juli 10, 2012 at 8:16 am

      makasih. moga bisa jadi praja di ipd ya. aamiin

       
  19. Aji

    Juli 8, 2012 at 10:14 am

    Reblogged this on curiosity.

     
  20. Juwanri

    Juli 12, 2012 at 10:29 am

    Kak mau nanya ne, Ntar klo uda dinyatakan LULUS tahap akademik kan selanjutnya pantukhir. Kan klo tes pantukhir nya itu di jatinangor, kita dibiayai panitia gk kesananya atau pakek biaya sendiri?

    Thank’s before

     
  21. Donny Gaa ReZee

    Juli 13, 2012 at 12:36 pm

    HUFF,.,.,.
    SaRaN mu bERARTi bngat.,.,,.,.
    doakan ya SMOGA saya BSA luLuSs

     
  22. hb

    Juli 14, 2012 at 3:24 am

    mudah”muydahan tahun ini saya lulus

     
  23. mutiara

    Juli 15, 2012 at 4:47 am

    infone aku like :)
    bsok tgl 18-19 juli 2012 tes kesemaptaan. Doain ya :D

     
    • unitazone

      Juli 17, 2012 at 11:08 pm

      iyaa. mudah2an diberikan yg terbaik oleh Allah. aamiin

       
      • Adam Alpayed

        Juli 26, 2012 at 9:50 am

        Unitazone tau dari mana kalo tes akademis di IPDN tidak menggunakan sistem minus???

        apa kamu yakin akan hal itu???

         
      • unitazone

        Juli 27, 2012 at 5:01 am

        Maaf yah, aku kurang begitu paham mengenai IPDN.

         
  24. Adzuf Sang Surya

    Juli 16, 2012 at 9:13 am

    kalau di Bekasi, tempat pendaftarannya dimana yah ka?

     
  25. Muti Lay Kanny

    Juli 22, 2012 at 6:03 am

    saya mau tanya apakah pada tahap tes akademi ada ketentuan batas minimal nilai agar dapat lulus????

     
  26. Adam Alpayed

    Juli 26, 2012 at 9:46 am

    UNITAZONE, Yunita Puspita…
    tolong kirim no. HP nya dong…
    bnyk yg pengen aku tanyakan sm kamu ttg IPDN.

    apa benar utk tahapan tes akademis di IPDN tidak menggunakan sistem minus???
    mohon di tanggapi!!

     
    • unitazone

      Juli 27, 2012 at 5:02 am

      hha maaf ya, aku kurang paham tentang IPDN. kalau tentang STPI baru…

       
  27. Arizal

    Juli 27, 2012 at 12:54 am

    LULUS…. AMIN,,,

     
  28. Husein

    Juli 28, 2012 at 4:31 am

    trimaksih buat infonya :D

     
  29. deroonex (@deroonex)

    Agustus 10, 2012 at 4:17 pm

    kak saya mnta do’anya besuk ada pngumuan masuk pantukhir IPDN. smoga saya bisa menjadi praja yang jujur, adil dan bijaksana seperti yang saya citakan…aamiin…..

     
    • unitazone

      Agustus 24, 2012 at 12:35 am

      Gimana pengumumannya? lolos ga? moga lolos ya. aamiin

       
  30. Elbert jo-jo

    Agustus 23, 2012 at 11:45 am

    tq info na kk..
    kk kalo tes kesehatan dsna apakah bugil lagi..?
    balas

     
    • unitazone

      Agustus 24, 2012 at 12:33 am

      iya kalo tes kesehatan biasanya bugil

       
  31. andi nur ilman

    Agustus 27, 2012 at 5:30 pm

    thanks bgt infonya. eh,tadi sempat baca “mata ( maksimal Plus Minus 1,0)” itu maksudnya kalau lebih dari 1,0 udah ga bisa lulus?

     
    • unitazone

      September 19, 2012 at 12:28 am

      iya lebih dr 1, ga lolos

       
  32. Dian

    September 1, 2012 at 1:30 pm

    Boleh berjilbab nggak?

     
  33. tata

    September 3, 2012 at 9:43 am

    maaf mau tanya apakah di apntukhir itu masih di seleksi atau sudah mantap ketrima??

     
    • unitazone

      September 19, 2012 at 12:26 am

      masih seleksi yg sangat susah hha

       
  34. Adam

    September 4, 2012 at 7:24 am

    Aku gagal di tes akademis

     
    • unitazone

      September 19, 2012 at 12:25 am

      semangaat! bukan yg terbaik

       
  35. stella

    September 13, 2012 at 2:18 pm

    AMIN,,,ini tahun kemenangan pasti yg terpilih jd praja IPDN tahun ini adalah pilihan,,tanpa pke uang,orang dalam atau apapun kecurangan,,murni yg terbaik dr yg baik…yg ikut tes tetap semangat jangan putus asa,buktikan kalian masuk IPDN karna kalian memang layak ada dist.
    Biarlah kalian yg menjadi tunas2 pemimpin yg akan dtg ditanam dgn bibit terbaik dan murni..
    Cayooo…
    Berdoa saja tiada Ɣªňɡ mustahil…
    Tuhan Yesus Kristus memberkati..
    Halelluya…Amin..

     
  36. Vavellia Nassoetiion

    Oktober 21, 2012 at 1:38 pm

    STPI ??
    itu harus IPA ya ??

     
  37. azami farooq

    Mei 25, 2013 at 8:18 am

    buanyak yg sulit tesnya
    *mnurut saya

    Y smoga ayas bs melakukannya,,optimis…yg terpenting melakukannya dngan ikhlas krn Allah…

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: