RSS

Tes PNB STPI

18 Mar

postingan ini saya ambil dari seseorang yang sudah menjadi taruna PNB STPI. jadi dibaca kalo perlu yaa..

untuk menjadi seorang taruna STPI khususnya penerbang (pnb-st/sp) harus melewati beberapa seleksi,.

Tapi sebelum masuk ke seleksi ada beberapa Persyaratan Umum, yaitu:

1. Warga negara indonesia max umur 23 tahun.

2. Belum menikah.

3. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat tubuh, tidak berkacamata, tidak buta warna.

4. Tinggi Penerbang: pria min 165 cm, wanita min 163 cm.

Sekarang saya akan membahas seleksi sesungguhnya..

Seleksi Penerimaan Calon Taruna (sipencatar):

1. Tes potensi akademik

Disini adalah tes akademik yang menguji beberapa kemampuan logika dasar, seperti kemampuan : Matematika, fisika, logika verbal, tes logika, bahasa inggris..

Bentuk soalnya mirip seperti tes masuk UMPTN , contohnya STAN (tapi gak sesusah soal stan 2007, menurut pengalaman pribadi saya lho.).tapi jangan anggap remeh , karena disini tesnya berlangsung lama, yaitu sekitar 4 jam (sesi pertama :2,5 jam, sesi kedua 1,5 jam diselingi istirahat 30 menit).
Disini lah tantangannya, duduk lama dengan banyak soal2 yang bikin pusing, dituntut konsentrasi penuh,. Di akhir tes pun kepala dan pantat akan terasa sangat panas!!
Hehehe..

Tips: Pelajari matematika, fisika dan bahasa inggris yang anda dapatkan di SMA.
Banyak2in latihan soal2 tahun lalu (tapi ntar biasanya dikasi kok contoh soal waktu pendaftaran di STPI). Jangan lupa sarapan sebelum tes, mandi, bab, bak, berdoa, bawa air minum secukupnya.jangan begadang sebelumnya, jaga kesehatan, pastikan kondisi otak siap 100%.. Dan jangan lupa berdoa..

__________________________________________________ _

Pengumuman Tahap I (tes potensi akademik)

————————————————————–

2.Kesamaptaan

Kesampataan (tes kekuatan fisik). Mirip dengan tes masuk militer ataupun tes kesamapataann lainnya. Yang dites di tahap ini adalah kemampuan fisik dengan urutan yaitu :

lari bikin sehat

Lari lapangan sepak bola selama 12 menit,

pull up

pull up (selama 1 menit), sit up (selama 1 menit),

yo ayo push up

push up (selama 1 menit),

lari dengan bentuk angka 8. Semakin besar point yang di dapat = semakin baik.tes ini memang yang paling menguras tenaga, dan pasti melelahkan.

Tips: Banyak2 latihan jauh2 hari sebelum seleksi, pastikan kondisi dalam keadaaan sehat bugar, jangan lupa sarapan yang bergizi (tapi jangan banyak2), pastikan anda sudah bab dan bak,.

Saat dibariskan sebelum tes dimulai, usahkan berbarislah di grup paling depan sebelah kiri, karena peluang untuk urutan awal memulai tes akan lebih besar. Ingat! Semakin akhir urutan kita = semakin tinggi matahari, panasss coooy!!!

Saat tes lari lapangan 12 menit, jangan menggebu-gebu karena masih banyak dibutuhkan tenaga untuk tes fisik lainnya, hemat tenaga, gak usah kenceng2 yang penting konstan.. Dan jangan sampai pingsan ya, kerana akan membuat anda gagal.!

3. Psikotes

Tes untuk mengujui kekuatan konsentrasi otak, kemampuan nalar, imajinasi dan motivasi.. Tapi gak usah terlalu khawatir dengan ini karena gak beda jauh bikin pusingya dengan tes potensi akademik..^_^

Oya ada soal2 menggambar (nah lho kayak anak tk), sepeerti disuruh menggambar seseorang yang kamu kenal, menggambar pohon berakar/beranting, dan membuat simbol2 gak jelas menjadi sebuah cerita bergambar (gambarlah menjadi yang ada hubungannya dengan pesawat terbang)..

Kalo gak slah tes ini berlangsung selama 3 jam..

Tips: Konsentrasi!! Yang punya masalah dengan kelurga, pacar, teman atau masalah apapun, jangan dipikirkan, lupakanlah untuk sesaat, ingat harus konsentrasi.. Pastikan kondisi fisik, otak dan mental dalam keadaan bagus 100%. Jagan lupa sarapan bab & bak sebalum tes,..

4. Wawancara

Jangan anggap remeh tes ini,. Kerana yang mewawancarai anda adalah seorang FI (Flight Instructor)..[ di STPI : “FI adalah dewa, senior adalah raja dan junior adalah kacung!”] jadi anda harus sangat menghormati FI..

Pertnyaan saat wawancara sangatlah subyektif (suka-suka fi mau nanya apa ke anda). Namun pertanyaan yang saya hadapi adalah : Rumus persamaan kuadrat, menggambar peta indonesia, letak kota2 di indonesia,nama-nama bandara, menceritakan tentang diri anda dan kegiatan anda dari bangun hingga tidur lagi menggunkan bahasa inggris, disuruh praktekin baris berbaris,.

Namun pertanyaan yang sangat penting dan wajib digarisbawahi bagi seorang calon pilot adalah: Alasan ingin menjadi pilot apa? Kenapa pesawat bisa terbang? Hukum (fisika) apa saja yang berlaku pada sebuah pesawat? Sebutkan bagian2 pesawat? Arah mata angin?.

Tips : Pakai pakaian yang formal rapi (kemeja putih polos, celana bahan dan sepatu kulit).. Saat mendatangi pewawancara, hormat terlebih dahulu (posisi tangan seperti hormat ke bendera merah putih), pelajari jawaban dari pertanyaan yang saya berikan di atas, pelajari istilah2 penerbangan, jangan gugup tapi juga jangan cengengesan atau senyum2 gak jelas [di STPI : "senyummu adalah nerakamu!"], posisi duduk jangan bungkuk. Dan usahakan sikap tegas!

5. Kesehatan

Tes kesehatan dilakukan di “balai kesehatan penerbangan” di derah kemayoran, disinialh satu2nya di indonesia tempat untuk melakukan medical checkup resmi para pilot dan pramugari/a seluruh indonesia (WOW!!).. Jadi jangan heran kalo nanti anda ketemu dengan pramugari atau pilot yang sosoknya tidak asing..

Yah disini terdapat beberapa macam tes, dimulai dari :

-)tes urine dan tes darah: Pasti udah tau kan? Gak perlu dijelasin,

-)cek fisik : Ini neh yang paling gokil! Anda akan disuruh bugil 95%!! Waktu itu saya di cek oleh seorang dokter cantik ^_^, agak sedikit rasa tidak rela menanggalkan pakaian satu persatu . Tapi apa boleh buat, ini prosedur. Anda akan diukur lingkar perut, lingkar dada, tekanan darah, cek detak jantung ,

cek pake stetoskop, cek hidung, cek telinga, cek tinggi/ berat bada, cek bentuk punggung, dicek tanda lahir, dan dicek anus anda ambeyen ato enggak ..

-) rongent(x-ray) dada: Yah gitu deh, pokoknya dada kita akan di x-ray.

-)cek gigi :disini kita akan di cek oleh dokter gigi, dilihat apakah ada lubang atau tidak dan kondisi lain dari gigi.

-) cek telinga: Anda ada di sebuah bilik dan akan didengarkan suara frekuensi (dengung) dan tekan tombol jika ada seura dengung.

-) ecg: Disuruh tidur terlentang dan dada kita dipasang kabel2 kayak di film2 dan dilihat detak jantungnya,

-) cek mata I : Tes amata ini akan ditunjukkan sebuah buku yang berisi tulisan yang ukurannya berfariasi dari yang besar sampai yang sangat kecil dan tes buta warna..

Oya ada juga tes mata apakah silinder atau tidak. Ada dua buah batang yang ukurannya sama panjang dan sama besar, dan kita harus mensejajarkan kedua batang yang kita geser dengan tali dari jarak 4 meter. Semakin kecil jarak kedua batang = semakin bagus.

-) cek mata II: Mata kita dipasangin alat dan ada akan melihat 2 garis merah (horizontal dan vertikal yang bergerak saling berpotongan,) dan katakan stop jika garis berpotongan tepat ditengah.

-)eeg : Lokasi dan hari yang berbeda , yaitu di daerah kuningan. Mirip kayak ecg, tapi kali ini kepala kita yang akan dipasangain kabel2, dan kita hanya

disuruh berbaring tapi jangan tertidur..

Tips: Saat datang ke balai kesehatan penerbangan, gunakan kemeja rapi (gak harus warna polos), celana usahain bukan jeans dan wajib pake sepatu.. Jangan telat an jangan lupa mandi,keramas dan pastikan badan dan pakain anda bersih dan wangi,,

Untuk eeg, usahakn cukup tidur sebelum cek, jangan sampae ngantuk ya..

Update:
-Jauh2 hari sbelum tes kesehatan JANGAN PERNAH MAKAN DAGING, KUNING TELUR,JEROAN, GORENGAN (makanan berlemak), karena beresiko kolestreol saat cek darah


Pengumuman Tahap II

6. Tes Bakat Terbang

Apa yang anda bayangkan?? Terbangin pesawat di Simulator? Naik pesawat sebagai penumpang kemudian peswatnya diputer2??hmm anda salah kalo berpikir seperti itu..

Kenyataanya adalah menggunakan pesawat sungguhan jenis Tobago TB-10 , dan anda akan duduk di kokpit sebelah kiri, tangan kiri anda memegang Control Column (setir) dan tangan kanan memeggang Throttle (gas) dan duduk sebelah kanan anda adalah seorang FI, dan anda akan harus memperhatikan dan melakukan apapun perintah dari FI..

Tes berlangsung sekitar selama 6 hari (diasramakan), anda akan mendapatkan 3 kali kesempatan terbang (jadwalnya gak tentu),. Terbang pertama dan kedua anda akan diajari oleh FI cara menerbangkan pesawat, dan terbang ketiga adalah Penilaian, FI akan menyuruh apapun yang dia mau.. seperti Cruise to Climb, Climb to Cruise, Climb to Descend, Heading , dll..

tenang para taruna akan mengajarkan anda tentangn itu semua dan juga termasuk CheckList mengenalkan fungsi dari tombol2 dan indikotor yang ada di kokpit pesawat..

Tips: Pelajari baik2 CheckList, pahami semua tombol dan indiktor pesawat,jangan tegang saat terbang, JANGAN MUNTAH, banyak tanya ke Taruna jika ada yang tidak paham, respect ke semua taruna apalagi FI, Jangan cengengesan. Oya, kalo ada taruna yang sedang dorong2 pesawat untuk isi FUel, tolong dibantu yaaak…

Oya pasti tau kan Game Flight Simulator? Sering2 maen game itu karena lumayan sangat membantu menambah wawasan dan latihan terbangin pesawat..

__________________________________________________ _______

Sekian dari saya, semoga apa yang saya tulis dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan cita-citanya menjadi seorang pilot…kurang Lebihnya mohon dimaafkan, kalo ada salah penulisan atau sallah2 kata silahkan beri tau..

wasssalam..

The Sky is a vast place, but there is no room for error! *i like this quote

pesawat yang digunakan dalam TBT

ini Tobago TB-10, pesawat yang digunakan saat tes bakat terbang .

TAMBAHAN:

-dalam tes PNB ini tidak ada tes renang, tapi sebaiknya Anda belajar renang

-ada tes gigi juga , yang dicek gigi agan apakah BOLONG dan UTUH/Lengkap ? kalo masalah gak rata kayknya gak ngaruh  cz ada juga taruna yang giginya gak rata kok..

-kalo di STPI nya sendiri bates umur maksimal 23 tahun , jadi sebelum kita mencapai umur 23 kita masih bisa daftar.

-di STPI ini bisa jurusan PNB bisa mengambil pendidikan 2 tahun atau 3 tahun dan biaya nya tidak semahal sekolah penerbangan swasta yang mencapai 580 juta

-di STPI ada sistem D.O juga, biasanya karena tidak disiplin.

-




About these ads
 
162 Komentar

Ditulis oleh pada Maret 18, 2011 in bright future

 

162 responses to “Tes PNB STPI

  1. raka

    Mei 9, 2012 at 3:40 pm

    maaf mau tanya nih, tes potensi akademiknya ada matematika dasarnya ga? trs kmrn sy ke curug, katanya udh ga ada contoh soal lagi…

     
    • unitazone

      Mei 13, 2012 at 1:24 am

      hmm kalo gitu kamu cari aja blog alumni curug. tanya ke dia bagaimana contoh soalnya:)

       
  2. erick

    Mei 12, 2012 at 7:02 am

    permisi,sudah ada yang kirim e-mail pendaftaran ke stpinya? kalo udah apa udah dapet balesan dari pihak stpi nya sendiri? makasih :)

     
    • unitazone

      Mei 13, 2012 at 1:23 am

      gua udah kirim email pendaftaran dan udah dapet email balesan dr stpiny ko. tinggal verifikasi aja kesana:)

       
  3. Hilman Faiz

    Mei 13, 2012 at 2:37 am

    klo gigi tanggal gimana?

     
  4. satrio budi

    Mei 14, 2012 at 3:02 pm

    misi TS mau nanya nih, kalo verifikasi harus langsung ke STPI nya ya??

     
    • unitazone

      Mei 16, 2012 at 12:00 am

      iya harus kesana langsung untuk verifikasi. kamu dftr stpi jurusan apa?

       
      • satrio budi

        Mei 19, 2012 at 1:04 pm

        Penerbag sayap tetap.
        TS daftar juga? jurusan apa?

         
      • unitazone

        Mei 29, 2012 at 7:56 am

        daftar teknik sipil bandara. waaah semoga ketemu ya disana ntar:)

         
  5. luthfi

    Mei 17, 2012 at 4:20 am

    gigi palsu masih ditolerir ngga yaa??
    oiya mngenai soal TPAnya dapetnya dari mana ya?
    saya juga minta kemarin tapi ngga dikasih.. kalo emang ada link untuk download soalnya boleh dong dishare..
    thx.. :D

     
    • unitazone

      Mei 29, 2012 at 8:01 am

      di postingan “PENDAFTARAN STPI CURUG 2012/2013″ saya dapet soal tpa dari alumni curug jurusan atc.

       
  6. Ijhar Anggraito

    Mei 31, 2012 at 2:43 pm

    berarti juni nanti lo juga verivikasi data yak?
    lo ga ngambil PNB? gue liat postingan lo lbh banyak ke PNB?
    btw thnks atas infonya.

     
    • unitazone

      Juni 2, 2012 at 5:33 am

      iya ntar tgl 7 gua verifikasi. ahaha tinggi gua ga cukup bro lagian ga dibolehin. lo juga tinggal verifikasi data? kapan?

       
      • Ijhar Anggraito

        Juni 4, 2012 at 9:24 am

        iya nih tgl 4 gue. mending dateng pagi2 makin lama antrian makin penuh.
        good luck buat kita semua.

         
  7. Raden Luthfi Alamsyh Prawira

    Juni 4, 2012 at 11:21 am

    maksudnya verifikasi tahap dua tuh apaan ya?

     
  8. bima rial

    Juni 6, 2012 at 3:15 pm

    misi ts.. kalau tes akademik penerbang dgn non penerbang sama gak ?

     
  9. iymam mahoedy

    Juni 13, 2012 at 2:23 pm

    mau tanya soal biaya…
    kalo di STPI itu setiap bulan/semester biayanya berapa???

     
    • unitazone

      Juni 21, 2012 at 12:25 pm

      kalo pnb 43 jutaan, non pnb sekitar 33 utaan. bisa dicicil tiap semester tp gatau setiap semester dicicil brp. gue juga calon taruni disana ahaha

       
  10. novan

    Juni 19, 2012 at 5:50 am

    biaya jurusan penerbang di stpi berapa yah?

     
  11. novan

    Juni 19, 2012 at 11:54 am

    biaya kuliah di STPI jur penerbang berapa yah?

     
    • unitazone

      Juni 21, 2012 at 12:22 pm

      kata temen saya yg udh jd pnerbang di sana, sekitar 43 jutaan. kalau non pnb 33 jutaan. bisa dicicil tiap semester

       
      • Riyan Yefta Purba

        Juni 30, 2012 at 10:24 am

        hai saya riyan
        saya mau berbagi informasi,
        kata teman kenalan saya alumni stpi curug “prgram pilot sekitar 54 juta,Teknisi 36 juta,ATc 36 juta,jurusan lain 34 juta”

         
  12. Loop

    Juni 22, 2012 at 12:36 pm

    btw itu soal sama setiap jurusan? kalo saya ambil PNB dan katanya cuman tes TPA doang

     
    • unitazone

      Juni 22, 2012 at 3:20 pm

      perasaan sama aja deh.

       
      • Loop

        Juli 6, 2012 at 1:53 pm

        ia ya sama aja. saya kemarin tgl 28 ikut tes , saya ambil sayap putar dan ternyata jurusan yg saya ambil hanya 60 orang kurang lebih, nah kalau sayap putar itu biasanya yg diterima berapa orang ya tiap angkatan?

         
  13. fikri

    Juni 22, 2012 at 6:04 pm

    maksudnya verifikasi data tahap II apa ya?

     
    • unitazone

      Juni 23, 2012 at 5:45 am

      mungkin ngelengkapin berkas yg semacam skck, akte, surat kterangan blm nikah, dll

       
      • fikri

        Juni 23, 2012 at 3:34 pm

        kaka sendiri udh ngasih berkas yg kya akte, skck dkk apa cma mnta stempelnya aja?

         
  14. Riyan Yefta Purba

    Juli 1, 2012 at 4:22 am

    waktu kk2 tes yg tgl 28 juni itu, yg ngambil PNB-ST postur tubuhnya keren2 gk?
    tinggi2 semua gk yg dftr.
    n pernah kak unita blg kalo yg ngambl TBL 40 org. nanti tahap I yg dikeluarkan kira2 ada gk setengahnya?

     
    • unitazone

      Juli 2, 2012 at 7:02 am

      waktu tes sih yg ngambil prodi pnb badannya tinggi2 semua hha

       
  15. Riyan Yefta Purba

    Juli 3, 2012 at 2:46 am

    waw

     
  16. Rendi Acindy

    Juli 5, 2012 at 3:35 pm

    mkasih kak atas infonya.. smoga tahun depan saya bsa brgabung di STPI,. Dan bsa masuk dngan hasil yang baik..

     
  17. Rio Latherio

    Juli 9, 2012 at 4:10 pm

    Misi, mau nanya pengumuman tes potensi akademik biasanya ada dimana ya? Kalo ada link’a minta ya

     
  18. thobie

    Juli 10, 2012 at 2:42 pm

    maaf numpang tanya, saya alhamdulillah lolos tahap I stpi dan nanti tgl 12 kan ada penyerahan berkas, nah tgl 16-19nya itu kan tes 3 hari nonstop nah pertanyaan saya kira2 ada ga ya penginapan/kos2an dekat stpi di tangerang berhubung saya berdomisili di Bandung dan tdk ada kerabat dekat di daerah sana, terimakasih :)

     
    • Arif

      September 18, 2013 at 12:32 am

      gmn tes lu berikutnya d trima nggak ?? gue mau daftar juga nih

       
  19. Pandu Wiratama

    Juli 11, 2012 at 4:19 pm

    gw takut sema tes kesehatannya deh soalnya gw paling malu suruh buka baju…aduh takut nih

     
  20. Loop

    Juli 13, 2012 at 5:00 am

    halo saya kebagian kelompok 4 siang, nah nanti tgl 13 nya itu kan semua kelompok ada daftar psikotes nah kalo kebagian yg siang itu berarti tetap yg jam 13.00 – 16.00 kan?

     
  21. bibee

    Juli 15, 2012 at 10:41 am

    permissi, numpang tanya.. Ketika tes wawancara biasanya ditanya seputer apa saja..? dan yang harus kita persiapkan apa yah..? thanks a lot.

     
    • unitazone

      Juli 17, 2012 at 11:07 pm

      maaf baru bls. ga bisa ngeblog soalnya lg tes stpi kmrn. ya gitu yg ditanya kenapa masuk stpi, kenapa milih jurusan yg di ambil, trus siap ga di barak, trus gue kan tbl yaudah disuruh nulis rumus kecepatan, percepatan, phytagoras, kalo tnu biasanya disuruh gambar rangkaian listrik trus ngitung, kalo tpu disuruh gambar pesawat. trus ya kita disuruh mraktekin hoby kita apa. disuruh pbb juga. banyak dehh. jurusan atc, pnb, tpu biasanya full eglish. kalo jurusan gue, tbl, sih engga hhe

       
    • unitazone

      Juli 17, 2012 at 11:08 pm

      maaf baru bls. ga bisa ngeblog soalnya lg tes stpi kmrn. ya gitu yg ditanya kenapa masuk stpi, kenapa milih jurusan yg di ambil, trus siap ga di barak, trus gue kan tbl yaudah disuruh nulis rumus kecepatan, percepatan, phytagoras, kalo tnu biasanya disuruh gambar rangkaian listrik trus ngitung, kalo tpu disuruh gambar pesawat. trus ya kita disuruh mraktekin hoby kita apa. disuruh pbb juga. banyak dehh. jurusan atc, pnb, tpu biasanya full eglish. kalo jurusan gue, tbl, sih engga hhe oya sama jelasin perjalanan dr rumah ke stpi in english

       
  22. cahyo ds

    Juli 15, 2012 at 11:47 am

    misi…. biaya non penerbang yg skarang berapa ya ?

     
    • unitazone

      Juli 17, 2012 at 11:04 pm

      kemarin sih ngeliat 34 blabla dibulatkan 35 juta lah

       
  23. thobie

    Juli 18, 2012 at 9:42 am

    uni numpang tanya dong kalo buat pnb khususnya yg sayap putar itu wawancaranya di tes apa ya? kalo ditanya rumus kira2 rumus apa aja ya? maklum gw sedikit lemot fisika hahaha

     
  24. wahyu

    Juli 26, 2012 at 3:44 pm

    uni mau tanya dong
    yg pngumuman tahap 2 kmren itu kapan y ?

     
  25. edi yusuf

    Agustus 3, 2012 at 2:56 am

    pengumuman tes tahap 2 yg kemaren kira” hari ini keluarnya jam berapa ya?

     
  26. Fauzan Ojan Sr.

    Agustus 20, 2012 at 7:27 am

    Ini berlaku utk semua STPI, ato gmn ya ??,,…

     
    • unitazone

      Agustus 24, 2012 at 12:34 am

      tes kesehatan nya beberapa sama. kalau untuk TBT hanya jurusan pnb saja.

       
  27. agung

    November 7, 2012 at 8:41 am

    mau nnya klo pngumuman tahap 3 kapan kluarnya yaa?
    makasii

     
  28. Artieady

    Januari 3, 2013 at 4:20 pm

    Saya pernah nanya soal biaya sekolah di STPI, katanya gak lebih dari 60 juta.
    kalo boleh tau, itu 60 juta/semester apa 60 jt total biaya sampai lulus,?

     
    • unitazone

      Januari 10, 2013 at 9:14 am

      jurusan penerbang ya? iya itu sampai lulus:)

       
  29. tanti windari

    Februari 2, 2013 at 11:05 am

    mau tanya, kan saya dari jurusan IPS trs pengennya msuk stpi ngambil jurusan MaPen. apakah tesnya sama dgn jurusan pnb dan pada saat tes akademik soalnya IPA ?? mohon dijawab :)

     
    • unitazone

      Februari 6, 2013 at 12:27 pm

      iya soalnya tetep IPA. Semua jurusan tes akademiknya di setarain.

       
  30. Wulan

    Februari 4, 2013 at 5:40 am

    kalo non penerbang itu isi tes lari, push up sit up, pul up tu gak ?

     
  31. Krishna Wijaya

    Februari 6, 2013 at 10:28 am

    60 jt sampai lulus, kira kira sampai lulus itu berapa tahun?
    kalo tahun ini pendaftaraannya tgl berapa?

     
    • unitazone

      Februari 6, 2013 at 12:25 pm

      lulusnya paling 1,5-2 tahun, sering2 buka web stpi aja ya:)

       
  32. Wulan

    Februari 8, 2013 at 5:25 am

    kalo isi tanda lahir di wajah tu boleh gak?
    mau nyari atc :)

     
  33. Rizki Wicaksono

    Mei 25, 2013 at 5:13 am

    permisi kak mau tanya,kalo lulusan SMK bisa jadi taruna STPI gak ?
    terimakasih

     
    • unitazone

      Juni 15, 2013 at 6:59 pm

      Tergantung SMK nya apa:)

       
  34. via

    Mei 30, 2013 at 5:36 am

    kalo jurusan teknik telekomunikasi dan navigasi serta jurusan komunikasi penerbangan pake tes terbang juga gak ??

     
    • unitazone

      Juni 15, 2013 at 6:58 pm

      TNU tidak memakai tes terbang.

       
  35. zuny

    Agustus 18, 2013 at 5:22 am

    permisi
    mau tanya, tes jur atc juga sama kyk tes jur penerbang ya? trs klo punya hasil tes toefl itu pengaruh gk sama hasil tesnya?

     
    • unitazone

      Oktober 4, 2013 at 9:49 am

      soalnya sama. pas tes wawancara aja dibedain.

       
  36. Abed Hite

    September 3, 2013 at 6:54 am

    Nanya dulu bang,gimana nih kalo gigi kite udah bolong apa masih bisa gk ya?
    atau gk di tambal bisa gk

     
  37. Arif

    Oktober 3, 2013 at 3:20 pm

    sekarng lgi ada sleksi lg nihh PNB lu ikut kagak….???
    bsok tgl 8 tesnya

     
  38. nabila

    April 17, 2014 at 2:42 pm

    kak, materinya tes akademiknya materi anak STM apa IPA.. mohon infonya

     

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 88 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: